Jumat, 26 Juni 2020

KHALIFAH UMAR BIN KHATTAB

Sayyidina Umar bin Khattab merupakan salah satu khalifah yang juga dijuluki sebagai Khulafa Ar-Rasyidin dan beliau lahir pada 583 M di Mekkah, Jazirah Arab dari Bani Adi yaitu dari suku Quraisy yang nama lengkapnya ialah Umar bin Al-Khattab bin Abdul Uzza.

Umar bin Khattab menjadi Khalifah ke dua menggantikan khalifah pertama Abu Bakar As-Siddiq menjabat sebagai khalifah dari 634 M sampai 644 M, beliau dijuki Al-Faruq oleh Nabi karena dapat membedakan yang hak dan yang bathil.

Di bawah kepemimpinan Umar bin Khattab umat Islam mengambil alih Mesopotamia dan Persia dari tangan dinasti Sassanid, serta mengambil alih Mesir, Palestina, Syria, Afrika Utara dan Armenia dari ke Kaisaran Romawi (Byzantium).

Saat itu ada dua negara adidaya yaitu Persia dan Romawi, namun keduanya telah di taklukkan oleh ke Khalifahan Islam dibawah pimpinan Umar bin Khatab, kemudian mengatur administrasi untuk daerah yang baru ditakhlukkan.

Pada tahun 638 M beliau memerintahkan untuk memperluas dan merenofasi Masjidil Haram di Makkah dan masjid Nabawi di Madinah dan pada tahun keempat masa kekhalifahannya beliau juga mengeluarkan keputusan bahwah penanggalan Islam hendaknya dihitung mulai dari peristiwa Hijrah.

Umar bin Khattab wafat pada 644 M Lalu kekhalifahan digantikan oleh Usman bin Affan.


0 komentar:

Posting Komentar